Kamis, 12 Juli 2012

Makalah Detik Detik Proklamasi


Makalah
Detik Detik Proklamasi






Disusun oleh :
Anggi Robbi Yulianto Kelas : XI IA-2






PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD SMA NEGERI 1 PARE
Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa 41 Pare
e-mail : info@sman1pare.sch.id   http://www.sman1pare.sch.id




LEMBAR PENGESAHAN


JUDUL                  : Detik Detik Proklamasi
PENYUSUN         : Anggi Robbi Yulianto kelas : XI IA-2
                                
TANGGAL            : 13 Juli 2012








Mengetahui




Guru Pendidikan Kewarganegaraan                                    Wali Kelas XI IA-2




Drs. Suhadi, M.M                                                              Dra. Suhartini






KATA PENGANTAR


 Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah dengan judul “detik detik proklamasi” sesuai dengan waktu yang ditentukan.
            Makalah ini dapat selesai dengan bantuan teman teman semua selain bantuan dari teman teman juga tak lupa oleh pembina yang telahmembantu kelancaran pembuatan makalah ini
Demi kesempurnaan makalah ini, saran dan kritik dari teman-teman sangat diharapkan. Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat baik langsung maupun tidak langsung dan dapat menambah pengetahuan teman-teman, Amin.


                                                                                    Kediri, 12 Juli 2012
                                                                                    Penyusun



DAFTAR ISI
·        Halaman Judul.................................................................1
·        Halaman Pengesahan.......................................................2
·        Kata Pengantar.................................................................3
·        Daftar Isi..........................................................................4
·        Bab I Pendahuluan ..........................................................5
·        Bab II Pembahasan..........................................................6
·        Bab III Penutup................................................................9
·        Daftar Pustaka..................................................................10

BAB I
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang
           Detik detik proklamasi merupakan peristiwa penting bagi bangsa indonesia yaitu peristiwa sejarah berdirinya negara kesatuan republik indonesia, oleh karena itu perlu saya membahas tentang hal ini
1.2     Rumusan Masalah
·        Penyusunan teks proklamasi
·        Pembacaan teks proklamasi
·        Pidato bung karno saat proklamasi
·        Tokoh-Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945







BAB II
Pembahasan
2.1 Penyusunan Teks Proklamasi
Penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dilakukan melalui perundingan antara golongan muda dan golongan tua, yang mana perundingan ini berlangsung mulai pukul 02.00 – 04.00 dini hari. Tempat penulisan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini dilakukan di ruang makan laksamana Tadashi Maeda jalan Imam Bonjol no. 1. Konsep Teks Proklamasi itu sendiri dibuat oleh Ir. Soekarno. Dan di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni menyusulkan agar yang menandatangani Teks Proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Dan yang mengetik Teks Proklamasi adalah Sayuti Melik.
         
Sumber gambar : isan77.blogdetik.com id.wikipedia.org
2.2 Pembacaan Teks Proklamasi
Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 – 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.
Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.
Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.
sumber gambar : fadli-network.blogspot.com
2.3 Pidato bung karno saat proklamasi
Saudara-saudara sekalian!Saja sudah minta saudara-saudara hadir di sini untuk menjaksikan satu peristiwa mahapenting dalam sedjarah kita.Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berdjoang untuk kemerdekaan tanahair kita. Bahkan telah beratus-ratus tahun. Gelombangnja aksi kita untuk mentjapaikemerdekaan kita itu ada naik dan ada turun, tetapi djiwa kita tetap menudju ke arahtjitatjita.Djuga di dalam djaman Djepang , usaha kita untuk mentjapai kemerdekaan nasionaltidak henti-henti. Di dalam djaman Djepang ini, tampaknja sadja kita menjandarkan dirikepada mereka. Tetapi pada hakekatnja, tetap kita menjusun tenaga kita sendiri, tetap kitapertjaja kepada kekuatan kita sendiri.Sekarang tibalah saatnja kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air di dalam tangan kita sendiri. Hanja bangsa jang berani mengambil nasib dalam tangansendiri akan dapat berdiri dengan kuatnja.Maka kami, tadi malam telah mengadakan musjawarat dengan pemuka-pemuka rakjatIndonesia, dari seluruh rakjat Indonesia. Permusjawaratan itu seia-sekata berpendapat,bahwa sekaranglah datang saatnja untuk menjatakan kemerdekaan kita.Saudara-saudara! Dengan ini kami njatakan kebulatan tekad itu.Dengarlah proklamasi kami.

Demikianlah, saudara-saudara!Kita sekarang telah merdeka!Tidak ada satu ikatan lagi jang mengikat tanah air kita bangsa kita!Mulai saat ini kita menjusun Negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia,merdeka, kekal abadi.Insja Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!
sumber gambar : devry.wordpress.com
2.4 Tokoh-Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945
1.      Soekarno dan m. Hatta
2.      Sayuti melik
3.      Sukarni
4.      b.m diah
5.      latif hendraningrat, s.suhud dan tri murti
6.      frans s. Mendur
7.      syahrudin
8.      soewirjo


BAB IV
PENUTUP


4.1       Kesimpulan
Detik detik proklamasi merupakan peristiwa penting sejarah bedirinya negara kesatuan indonesia.
           
4.2       Saran
            Kita sebagai generasi muda harus bisa menghargai dan memeriahkan serta mengisi kemerdekaan indonesia, seperti belajar dengan rajin

DAFTAR PUSTAKA

·        http://www.indunesia.com/index.php/2008/03/12/detik-detik-pembacaan-naskah-proklamasi/

·        http://routeterritory.wordpress.com/2010/08/17/penyusunan-teks-proklamasi-indonesia/

·        http://devry.wordpress.com/2007/08/17/9dfcd5e558dfa04aaf37f137a1d9d3e5/

·        fadli-network.blogspot.com

·        devry.wordpress.com
·        isan77.blogdetik.com
·        id.wikipedia.org
http://organisasi.org/tokoh-tokoh-proklamasi-17-agustus-1945-dan-perannya-pada-persiapan-pelaksanaan-proklamasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar